» Coretan » Alasan Kenapa Pake WordPress??

Alasan Kenapa Pake WordPress??

Entah saya lagi bingung ini mau nulis artikel apa yang berbobot. Akhirnya jadi pengen sekedar sharing, berbagi pengalaman kenapa saya suka banget yang namanya WordPress. Dari pertama kenal, sampe sekarang gamau move on ke cms laen.

CMS?? Apaan tuh??

Oke, jadi CMS tu singkatan dari Content Management System, biar googling aja sendiri, di Wikipedia juga ada. Intinya CMS itu adalah sebuah perangkat lunak yang berorientasi pada pengelolaan konten. Jenisnya CMS ada banyak, misalkan Blogger, WordPress, Drupal, Joomla, dan lain lain.

Oke jadi balik ke topik, kenapa sih saya suka WordPress.

#1 WordPress itu Open Source
Open Source itu artinya perangkat lunak tersebut kode sumbernya boleh dilihat oleh pengguna lain, sehingga semua pengguna dapat memahami bagaimana kerja perangkat lunak tersebut, dan bisa ikut mengembangkan atau memperbaiki kode sumbernya. Efeknya dengan open source, perangkat lunak tersebut menjadi free atau gratis. Tidak dipungut biaya untuk menggunakan perangkat lunak tersebut.

#2 WordPress itu customizable
Customizable bisa diartikan mudah dimodifikasi. Ini juga merupakan efek samping dari sifatnya yang open source, sehingga bagi siapapun WordPress sangat mudah dimodifikasi. Apalagi dengan adanya hook dan filter pada fungsi WordPress, sangat memudahkan untuk menambahkan fungsi-fungsi tertentu.

Misalnya nih, contoh simpel untuk penggunaan featured image postingan saya di blog ini. Saya menambahkan beberapa fungsi ke dalam themes saya, sehingga saya bisa menggunakan external image untuk featured image.

#3 WordPress itu dokumentasinya lengkap banget
Karena sifatnya yang open source, pengguna WordPress sangat banyak di dunia. Sehingga nggak sedikit juga sebagian pengguna WordPress berbagi tutorial menggunakan WordPress. Mulai dari tutorial yang sifatnya sederhana, sampe tutorial yang sifatnya kompleks.

#4 WordPress nggak sekedar buat ngeblog
WordPress sekarang nggak sekedar buat blogging doang. Dengan banyaknya plugin dan themes yang tersedia, WordPress bisa digunakan untuk membuat sebuah toko online, portal berita, portal jual beli, forum, sampe situs jejaring pertemanan.

#5 WordPress itu user friendly
User friendly artinya WordPress cukup bersahabat. Dari segi panel admin, tampilannya sangat memudahkan pengguna untuk memulai mengelola konten di blog. Dari segi themes dan pluginnya sangat variatif dan keren-keren. Dari segi SEO nya WordPress sangat bagus. WordPress sendiri sudah dibuat dengan kode-kode html yang semantik, sehingga sangat mudah di index oleh mesin pencarian seperti Google. Efeknya jika situs anda dengan mudah ditemukan di Google, maka pengunjung akan meningkat.

Keren kan WordPress tu?? Kira-kira ada alasan lain nggak kenapa kalian tetep suka dengan WordPress. Coba deh share pendapat kalian. Nanti alasan yang bagus, bakalan saya tambahkan ke dalam tulisan ini dan saya cantumkan link anda juga.

Atau malah anda tertarik mengenal dan mempelajari WordPress? Mari kita diskusikan di dalam komentar dibawah tulisan ini. :mrgreen:

5 thoughts on “Alasan Kenapa Pake WordPress??

  1. Nah sama, aku juga pasukan militan wordpress hahaha, tapi akan ribet bagi yang gak paham instal wp di hosting dan tetek bengek lainnya. Daripada bingung instal-instal mending ngeblog yang gratisan ajah šŸ˜€

    1. padahal gregetnya pake WordPress ya disitu mas. Trial dan error, sampe gabisa tidur cuma karena hal-hal sepele dari WordPress. wkwk šŸ˜€

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.