Pentingnya Lisensi GPL WordPress

Haloo gais. Hari ini aku mau berbicara tentang lisensi GPL yang melekat pada WordPress. Lisensi GPL ini merupakan pembahasan pada WordPress Meetup yang dilaksanakan 6 Juni 2020 19.30. Nah yang ketinggalan bisa nonton di youtube aja.

WordPress dan GPL

WordPress merupakan CMS atau software yang didistribusikan dengan lisensi GPL, oleh karena itu software turunannya berupa themes/plugins yang dibuat WordPress Developer juga harus berlisensi GPL.

free as in speech, not as in beer.

Mungkin quote ini lebih tepat menggambarkan lisensi GPL ini. Aturan lisensi GPL memberikan 4 kebebasan yaitu:

  • Bebas menggunakan software (WordPress) untuk berbagai kepentingan
  • Bebas memodifikasi software (WordPress) sesuai kebutuhanmu
  • Bebas mendistribusikan atau membagikan ulang software (WordPress)
  • Bebas mendistribusikan software (WordPress) yang sudah kalian modifikasi dan bagikan ke pengguna lain supaya pengguna lain merasakan manfaat seperti yang kamu rasakan.

Mungkin kalian mulai bingung kenapa ada themes dan plugins berbayar ya?

Oke jadi themes dan plugins berbayar juga berlisensi GPL karena mereka juga turunan dari WordPress yang berlisensi GPL yang artinya kalian bebas menggunakan themes/plugin tersebut untuk tujuan apapun, bebas memodifikasi, bebas membagikan dan berbagi dengan pengguna lain.

Trus kenapa berbayar?

Bebas bukan berarti gratis. Menjual themes/plugins sah-sah saja karena kita membayar “service” atau “layanan” yang diberikan. Layanan yang diberikan berupa dukungan dan bantuan jika terjadi sesuatu hal dengan software yang bersangkutan.

Perlu diketahui kita wajib membayar kepada developer yang bersangkutan supaya kita mendapatkan dukungan dan bantuan dari developer.

Jadi kalian harus berhati-hati jika ketemu jasa pembuatan website yang katanya pake themes dan plugins premium. Pastikan benar-benar premium dan kalian mendapatkan dukungan dan bantuan nantinya jika terjadi apa-apa dengan software yang kalian miliki.

Themes dan Plugins Nulled

Nah kalian perlu berhati-hati nih dengan themes/plugins nulled atau yang harusnya kalian dapatkan dengan membayar developer tetapi kalian bisa dapatkan secara gratis.

Themes dan Plugins nulled adalah versi dari software yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga kalian bisa menggunakan secara gratis. Tetapi “modifikasi” ini yang kita patut waspadai, karena modifikasi ini bisa jadi disusupi malware atau iklan, atau bahkan tools hacking.

Memang sih secara lisensi GPL memodifikasi ini sah-sah saja, bahkan untuk tujuan jahat juga sah-sah aja. Oleh karena itu pentingnya membeli themes dan plugins berbayar adalah menghindari kejahatan seperti ini.

Kalau mau gratis kalian bisa download di repositori WordPress, dimana themes dan plugins yang disediakan sudah sesuai aturan-aturan dan standar kualitas WordPress dan yang jelas aman, karena setiap themes dan plugins yang masuk akan dicek oleh tim WordPress.


Freedom is an important part of developing WordPress themes. If you plan to distribute your theme, it is a good idea to license it fully under the GPL, so others can enjoy the same freedoms that you did when creating it.

Akhir kata, karena WordPress berlisensi GPL mari kita ciptakan ekosistem yang baik dan bebas untuk WordPress dan pengembangannya ke depan. Dari kita untuk kita.

Sumber: https://developer.wordpress.org/themes/getting-started/wordpress-licensing-the-gpl/

Kebijakan Komentar

**Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh admin.

**DILARANG MENGGUNAKAN FITUR KOMENTAR UNTUK PROMOSI. SEKALI PROMOSI AKAN LANGSUNG DIHAPUS.

**Mohon berkomentar yang bermutu dan relevan dengan isi tulisan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *